Minggu, 16 Juni 2013

Ekosistem ,biologi kls x.


2 . Kata Pengantar
3 . Daftar Isi
4 . Peta Konsep
5 .  Isi
6 . Kritik Dan Saran   







KATA PENGANTAR

Puji syukur atas rahmat yang Allah SWT anugerahkan kepada kita sehingga kesehatan badan, iman dan pikiran tercurahkan kepada kita melalui rahmat-Nya. Kesehatan merupakan sesuatu yang paling berharga, dimana menjaga kesehatan pribadi harus dimulai dari menjaga kesehatan lingkungan baik itu tempat kerja maupun tempat pemukiman kita. Dalam hal ini sistem Plumbing memberikan andil yang cukup penting untuk menjaga kesehatan lingkungan gedung atau rumah tempat bekerja maupun tempat bermukim.

Makalah ini disusun dengan tujuan untuk membantu mahasiswa dalam memahami sebuah bangunan gedung hotel yang memeng sangat rumit untuk mengetahuinya secara otodidak dan diperlukan keahlian khusus dalam mengonsep sebuah bangunan hotel ini.

Akhirnya kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah mendukung  penyusunan makalah ini. Selanjutnya kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sehingga akan menumbuhkan rasa syukur kami kepada rahmat Allah SWT dan dalam hal perbaikan makalah ini ke depannya.
           


DAFTAR ISI
A . Konsep Ekosistem
B . Manusia dan Lingkungan
C . Limbah




A . Konsep Ekosistem

Ekosistem merupakan salah satu bidang kajian yang di pelajari dalam cabang biologi, yaitu ekologi. Ekologi(yunani,oikos = rumah ;logy = ilmu darikata tentang logikos  = masukakal) adalah ilmu yang mempelajari interaksi makluk hidup dengan makluk hidup  lain  dan dengan lingkungan fisik..
1). Komponen Ekosistem
A ). Komponen biotic
 Adalah komunitas mahluk hidup.tempat hidup yang spesifik tersebut dikenal dengan  istilah habitat (latin,habitare=bertempat tingal.peran atau cara hidup yang kusus dari setiap mahluk hidup didalam habitatnya disebut relung ekologi atau nesia.)
Beberapa populasi yang berbeda dari tumbuhan dan hewan yang hidup bersama, Ada beberapa macam komiunitas.misalnya,kominitas kolam,kominitas hutan,dan komunitas pantai
B)komponen abiotik
Meliputi benda-benda tak hidup,komponen abiotik meliputi cahaya,suhu udara,air,tanah,mineral,dan kelembapan.
1)cahaya
Tumbuhan hijau dapat hidup jika memproleh cukum cahaya matahari,beberapa tumbuhan memperlihatkan adap tasi untuk menjangkau cahaya,seprti tumbuhan pemanjat,misalnya keleawar.
2)suhu
Suhu memengaruhi aktivitas tumbuhan dan hewan.beberapa bentuk adap tasi tersebut adalah terdapatnya organ-organ penyimpanan didalam tanah,kemampuan mengugurkan agar tidak kehilangan banyak air atau kmampuan biji yang dapat melakukan dormansi.
3)air
Distribusi air hujan setiap tahun menentukan jumblah ketersediaan air didalam okosistem.
4)oksigensebagian besar mahluk hidup,memerlukan oksigen dalam kehidupaannya.
5)topo grafi dan tanah
Bentuk fisik suatu daerah (topografi)dan kondisi tanah menentukan jenis tumbuhan dan hewan yang hidup disana.
2)intraksi antar komponen ekosistem
A)intraksi antar komponen biotic dan abiyotik
Misalnya dalam okosistem terrestrial (darat) hewan dapat memperoleh air dan oksigen dari lingkungan sekitar mereka.
B)intraksi antar komponen biotik
Ada beberapa macam intraksi anatr sesama mahluk hidup intraksi dapat terjadi anatr induvidu dan populasi maupun antar induvidu berbeda populasi.atau jenis spesies.
1)kompetisi
Adalah bntuk intraksi dua mahlik hidup yang mengakibatkan kedua mahluk hidup tersebut mengalami kerugian.
2)predasi konsumernya disebut predator,sedangkan sepsiyes yang dimakan dikenal sebagai mangsa predator,latin,praeda=mangsa adalah mahluk hidup yang memproleh sumber-sumber yang diperlukan dengan memakan mahluk hidup lainya.
3)seimbiosis
Suatu hubungan yang dekat diantara dua sipesis mahluk hidup yang berbeda disebut simbiosis  yang berarti hidup bersama.
A)Parasistisme
B)komensalisme
C)protokooprasi
D)mutualisme
3)peran komponen ekosistem dalam aliran energy dan daur beogeokimia.
Ada perbedaan utama antara aliran energi dan aliran materi pertama. Energy yang mengalir didalam ekosistem berasal dari luar(matahari) sedangkan materi tidak.

A). peran komponen ekosistem dalam aliran energy
1) aliran energy
a) produser
merupakan mahlukhidup yang mampu menagkap  energy cahaya  matagari untuk kegiatan fotositensis.
b) consumer
merupakan mahluk hidup yang memperoleh energy dalam bentuk matero organic ,  missal nya denga memakan mahluk hidup lain nya .
c) Dekompeser
merupakan mahluk hidup yang memperoleh makanan dengan cara menguraikan makanan  senyawa-senyawa organic dari mahluk hidup yang telah mati (bangkai ).
3) Piramida Ekologi
Makluk hidup pada setiap tingkat tropic dan berbagai aspek lainya  di dalam ekosistem dapat di perlihatkan melalui piramida ekologi.
a). Piramida energy
b). piramida jumlah
c). piramida biomassa.
B). Peran komponen ekologi  dalam daur biogeokimia
1). Daur karbon
2). Daur air
3). Daur nitrogen
4). Daur fosfor

4 .  Suksesi alami  dalam ekosistem
Pengertian secara alami antara satu komunikasi dengan komunitas lainya yang di dominasi oleh spesies  yang berbeda disebut suksesi.
A). suksesi primer
Suksesi primer terjadi jika komunikasi asal  terganggu secara total sehingga terbentuk komunitas baru .
Beberapa cirri komunitas klimaks , antara lain ;
1). Mampu menyokong kehidupan seluruh spesies yang hidup di dalam nya .
2). Mengandung lebih bnyak makluk hidup dan macam bntuk interaksi  di bandingkan komunitas suksesiona.
B). Suksesi Skunder
Terjadi jika suatu gangguan  terhadap suatu komunitas tidak bersifat merusak total terhadap tempat komunitas tersebut sehingga  masih terdapat kehidupan / substar seperti sbelumnya.
 5.  Tipe- Tipe ekosistem
a). ekosistem terestria.

1). Bioma Hutan Musim
2). Bioma Hutan Rumput
3). Bioma Gurun
Gurun terdapat di daerah tropik yang berbatasan dengan padang rumput. Ciri-ciri ekosistem gurun adalah gersang dan curah hujan rendah (25 cm/tahun). Perbedaan suhu antara siang dan malam sangat besar. Tumbuhan semusim yang terdapat di gurun berukuran kecil. Selain itu, di gurun dijumpai pula tumbuhan menahun berdaun seperti duri contohnya kaktus, atau tak berdaun dan memiliki akar panjang serta mempunyai jaringan untuk menyimpan air. Hewan yang hidup di gurun antara lain rodentia, semut, ular, kadal, katak, kalajengking, dan beberapa hewan nokturnal lain.
     4). Bioma Taiga 
Taiga terdapat di belahan bumi sebelah utara dan di pegunungan daerah tropik, ciri-cirinya adalah suhu di musim dingin rendah. Biasanya taiga merupakan hutan yang tersusun atas satu spesies seperti konifer, pinus, dan sejenisnya. Semak dan tumbuhan basah sedikit sekali, sedangkan hewannya antara lain moose, beruang hitam, ajag, dan burung-burung yang bermigrasi ke selatan pada musim gugur.

5)Biom
  Tundra
Tundra terdapat di belahan bumi sebelah utara di dalam lingkaran kutub utara dan terdapat di puncak-puncak gunung tinggi. Pertumbuhan tanaman di daerah ini hanya 60 hari. Contoh tumbuhan yang dominan adalah sphagnum, liken, tumbuhan biji semusim, tumbuhan perdu, dan rumput alang-alang. Pada umumnya, tumbuhannya mampu beradaptasi dengan keadaan yang dingin.
. 6. Hutan hujan tropis.
Hutan hujan tropis terdapat di daerah tropik dan subtropik. Ciri-cirinya adalah curah hujan 200-225 cm per tahun. Spesies pepohonan relatif banyak, jenisnya berbeda antara satu dengan yang lainnya tergantung letak geografisnya. Tinggi pohon utama antara 20-40 m, cabang-cabang pohon tinggi dan berdaun lebat hingga membentuk tudung (kanopi). Dalam hutan basah terjadi perubahan iklim mikro, yaitu iklim yang langsung terdapat di sekitar organisme. Daerah tudung cukup mendapat sinar matahari, variasi suhu dan kelembapan tinggi, suhu sepanjang hari sekitar 25 °C. Dalam hutan hujan tropis sering terdapat tumbuhan khas, yaitu liana (rotan) dan anggrek sebagai epifit. Hewannya antara lain, kera, burung, badak, babi hutan, harimau, danburung hantu.
B) . Ekosistem Akuatik
·         Ekosistem air tawar.
Ciri-ciri ekosistem air tawar antara lain variasi suhu tidak menyolok, penetrasi cahaya kurang, dan terpengaruh oleh iklim dan cuaca. Macam tumbuhan yang terbanyak adalah jenis ganggang, sedangkan lainnya tumbuhan biji. Hampir semua filum hewan terdapat dalam air tawar. Organisme yang hidup di air tawar pada umumnya telah beradaptasi.
·         Ekosistem air laut.
Habitat laut (oseanik) ditandai oleh salinitas (kadar garam) yang tinggi dengan ion CI- mencapai 55% terutama di daerah laut tropik, karena suhunya tinggi dan penguapan besar. Di daerah tropik, suhu laut sekitar 25 °C. Perbedaan suhu bagian atas dan bawah tinggi, sehingga terdapat batas antara lapisan air yang panas di bagian atas dengan air yang dingin di bagian bawah yang disebut daerah termoklin.
a). ekosistem laut pelagik
b). ekosistem laut bentik
B . Manusia dan lingkungan

1 .) aktifitas manusia yang berkaitan dengan perusakan / pencemaran lingkungan .
A). Penggundulan hutan
1 . alas an terjadinya penggundulan.
A . Pemukiman
B . Cocok tanan
C . perternakan
d. kayu.
E . serat

2 ). Dampak krusakan  Akibat Penggundulan hutan
A . erosi tanah
b. banjir
c. lahan terbuka  dan kering
B ). Pencemaran lingkungan
1       ).Pencemaran udara
a.karbon di oksida
b. karbon monoksida
c .sulfur dioksida
d. nitrogen oksida
e. timah
2). Pencemaran air
a.). limbah rumah tangga.
b. ) limbah-limbah anorganik
1.merkuri.
2. tembaga.
3. seng
4. Kadmium

c). Pupuk
penggunann pupuk  kimia yang berlebihan  dapat menyebabkan pencmaran air.

d). Partisida
merupakan senyawa kimia beracun yang di gunakan manusia untuk mengontrol hama partisida  meliputi, herbisida ,fungisida , dan insektisida .
3.) pencemaran tanah
a. limbah rumah tangga.
b. limbah industry
c. limbah pertanian
2). Aktivitas manusia yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan .
a.) etika lingkungan
merupakan peran etika yang sisarankan pada tanggu jawab moral terhadap lingkungan .
1.    Etika pengembangan
2.    Etika pengawetan
3.    Etika keseimbangan
B) . pengelola lingkungan hidup .
Penglolahan lingkungan dapat dilakukan dengan beberapa cara,yaitu  pencgah terjadinya pencemaran,pengawetan tanah,dan pengaturan tata guna lahan dan air.
1)penanggulangan secara administratif
Secara administratif,pemerinth dapat  mengluarkan kebijakan dengan menerbitkan peraturan dan undang-undang untuk mencegah pencemaran dan eksploitasi yang berlebihan terhadap sumber daya alam.
2)penangulangan secara teknologi
Setiap industry seharusnya memiliki unit penglolah limbah (IPAL=instalasi pengolahan air limbah.).
3)penanggulangan secara endukatif
Dapat dilakukan dengan mengadakan penyuluhan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mereka dalam menjaga kelastrian lingkungan.
Beberapa bentuk usaha pengawetan tanah adalah sebagai berikut.
A)menghindari terjadinya erosi
B)mengembalikan kesuburan tanah.
-pemupukan
-rotasi tanaman
-penghijawan
C)mengatur tata guna lahan dan air
C. Limbah
Merupakan sisa suatu usaha /kegiatan limbah dapat saja berasal dari hasil sampingan berbagi kegiatan rumah tangga,pertanian dan industri.
1.    Jenis limbah
a.limbah organik
b.limbah anorganik
c.limbah berbahaya .merupakan limbah yang berasal dari bahan kimia

Beberapa macam limbah yang dapat dimanfaatkan secara langsung
a.ampas tahu
b.eceng gondok
c.sampah organik
contoh sampah organik adalah daun-daunan dan kotoran ternak
    2.daun ulang limbah
Pegunaan kembali material /barang yang tidak terpakai menjadi produk lain yang bermanfaat.

a.langkah-daun ulang
1.)pemisahan yaitu pemisahan material yang dapat di daun ulang dengan yang harus dibuang dipenimbunan limbah (sampah)
2.)penyimpanan yaitu penyimpanan material kering yang sudah dipisahkan kedalam kotak yang tertutup.
3.)pengiriman / penjualan yaitu pengiriman / penjualan barang-barang bekas yang tidak terkumpul kepabrik.
B.Limbah yang dapat di daun ulang dan produk hasilnya
1.kertas.semua jenis dapat didaun ulang menghasilkan kerta baru.
2.Gelas.botol kecap ,botol sirup /piring pecah dapat didaun ulang menjadi botol baru / piring yang baru .
3.almunium.Kaleng bekas dan minuman dan makanan dapat dimanfaatkan kembala sebagai kaleng pengemas.
4.Baja.Baja sisa kontruksi bangunan dapat didaun ulang jadi baru .
5.Plastik.dapat dilarutkan dandi proses kembali manjadi bahan pembungkus.
C.Manfaat daun ulang limbah
1.)Menghindari pencemaran / kerusakan lingkungan
2.)Melestarikan kehidupan mahluk hidup yang terdapat disuati lingkungan tertentu
3.)menjaga keseimbagan ekosistem mahluk hidup yang terdapat didalam lingkungan.
3.Membuat produk daun ulang limbah
Misalnya berupa trompet dan topeng yang terbuat dari bahan kertas (kardus).pada beberapa daerah pembustsn produk daur ulang yang dihasilkan bermula dari kreatifitas seseorang yang sekadar  menyalurkan kesenangan bukan u/ tujuan komersial ,berbagai materi limbah yang terdapat disekitar kita dapat kita ubah menjadi suatu yang berhaga dan bermanfaat.


By ; ARNO PALING RAGIEL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar